RANGKUMAN EKSEKUTIF ABATA
Jurusan/Program Studi Akademi Bahasa Asing Permata Hati merupakan
institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran terhadap
mahasiswa D-III Bahasa Inggris. Dengan surat
keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan SK No.
103/D/O/2009 tentang pendirian ABATA Jurusan//PS Akademi
Bahasa Asing Tarakan berada di bawah Yayasan Permata Hati Kota Tarakan. Jurusan/PS
Akademi Bahasa Asing Tarakan mempunyai visi yaitu “ABA Permata Hati menjadi lembaga pendidikan tinggi bahasa asing yang
mengembangkan linguistic intelegensi mahasiswa yang berdasarkan IMTAQ dan
budaya bangsa untuki membentuk human resource yang dapat bersaing secara
global, maka institusi pendidikan dan berspesifikasi pada pengembangan Akademi
Bahasa Asing Tarakan kemampuan akademik jaringan akses informasi dan paradigm
berpikir mahasiswa melalui 3 keterampilan utama yaitu, Bahasa Inggris, Bahasa
Mandarin, dan Kewirausahaan.”
Untuk merealisasikan visinya, PS Akademi Bahasa Asing Tarakan
mempunyai misi yang pada intinya melaksanakan tri dharma perguruan
tinggi dengan sistem manajemen, tatakelola pendidikan
yang kredibel, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab, serta melakukan
usaha-usaha untuk keberlanjutan jurusan (program studi), melalui kerjasama
dalam bidang pendidikan, Bahasa Inggris,
dan kerjasama kemitraan di tingkat
lokal, nasional dan internasioanal. Tujuan PS Akademi
Bahasa Asing Tarakan adalah perwujudan dari profil kompetensi yang
diharapkan dari lulusan program studi Akademi Bahasa
Asing Tarakan sesuai dengan arah misi dan tuntutan pasar kerja.
Sedangkan sasarannya merupakan target yang terukur dengan indikator indikator
tingkat keberhasilan yang ditetapkan program studi. Pelaksanaannya dilakukan
melalui strategi dan arah kebijakan yang tepat yang secara operasional
dilaksanakan secara bertahap, yang mana merupakan langkah-lankah nyata dari
misi dalam usaha untuk pencapaian visi.
Jurusan /PS Akademi
Bahasa Asing Tarakan dipimpin oleh Ketua Jurusan dan dibantu oleh seorang
Sekretaris yang dipilih secara demokratis pada rapat formal jurusan. Pola
kepemimpinan yang dikembangkan adalah kepemimpinan yang bersifat pendelegasian
dengan style manajemen partisipatif.
Dalam menyelenggarakan aktivitas program studi, Ketua Jurusan/PS Akademi Bahasa
Asing Tarakan dibantu oleh Tata Usaha (TU), Pembina Kemahasiswaan. Untuk dapat
berjalannya kegiatan secara efektif tata pamong PS Akademi Bahasa Asing Tarakan
telah dilengkapi pedoman (SOP) tentang
tugas, fungsi dan tanggung jawab setiap unsur/unit di atas.
Keterlibatan
program studi dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana di Akademi Bahasa
Asing Permata Hati Tarakan berjalan cukup baik, ditunjukkan oleh adanya
pembagian yang jelas antara universitas, fakultas dan jurusan. Penggunaannya
diimplmentasikan dalam renja jurusan/program studi secara otonom. Dalam
pembuatan renja program studi diberi kewenangan penuh dalam pemanfaatannya dan
penentuan jenis belanja sesuai dengan kebutuhan. Perencanaan pengembangan PS Akademi
Bahasa Asing Tarakan disesuaikan dengan Renstra ABAPERTA yang diwujukan dalam
bentuk rencana kerja (Renja) jurusan yang dibuat secara bersama-sama melelui
rapat jurusan. Hasil pelaksanaannya dilaporkan dan dievaluasi serta tindak
lanjutnya dibicarakan dalam rapat formal jurusan.
Dalam upaya merealisasikan visi dan misinya, PS Akademi Bahasa
Asing Tarakan berupaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses
pembelajaran dengan melibatkan seluruh sivitas akademika untuk meningkatkan
relevansi, atmosfer akademik, internal manajemen, sustainabilitas, efisiensi
dan produktivitas program studi. Peningkatan relevansi dan kompetensi dilakukan
dengan mengembangkan kurikulum yang menekankan pada kompetensi profesional
(kemampuan), individual, dan sosial yang diintegrasikan secara kontekstual.
Kurikulum berbasis kompetensi diimplementasikan melalui proses pembelajaran
dengan peningkatan kemampuan mahasiswa baik yang bersifat hard skill maupun
soft skill. Untuk menjamin pencapaian kompetensi lulusan pelaksanaan
pembelajaran dan hasilnya secara berkala dimonitor dan dievaluasi melalui
kegiatan Tim Pelaksana Penjaminan Mutu jurusan.
Pelaksanaan kegiatan akademik di PS Akademi Bahasa Asing Tarakan didukung oleh 34 staf
dosen dengan kualifikasi memadai, yaitu dengan tingkat pendidikan dosen S2 (88,24 %) S3 (8,82 %), dan 25 orang (73,53 %) diantaranya
terlah tersertifikasi sebagai pendidik. Dalam waktu
tiga tahun ke depan, jumlah dosen yang berpendidikan S3 diharapkan sudah
mencapai 21%. Tenaga kependidikan yang langsung berada di jurusan
sebanyak 7 orang. Dosen PS Akademi Bahasa Asing
Tarakan berlatar belakang sain yang bervariasi
sesuai dengan bidang keahliannya.
Pengelolaan dosen dan tenaga kependidikan dilaksanakan berdasarkan
pada SOP dari Biro Administrasi Umum dan
Keuangan (BAUK) ABAPERTA dan peraturan yang berlaku. Untuk efektifitas
pelaksanaan tugas maka membagian tugas dilakukan sesuai dengan bidang keahlian
dan kompetensinya. Pengembangan dosen diarahkan pada peningkatan kualitas
akademis dan kemampuan pelaksanaan proses pembelajaran kurikulum berbasis
kompetensi. Pengembangan tenaga kependidikan diarahkan pada peningkatan
kualitas ketrampilan, pelayanan dan manajemen. Pengembangan tersebut dilakukan
melalui studi lanjut yang sesuai dengan bidang program studi, pelatihan,
seminar, kegiatan yang relevan.
Pelaksanaan kegiatan penelitian dosen harus
diakui bahwa penelitian dari dana-dana hibah dari luar institusi jumlahnya masih
belum optimal, bahkan tidak ada pendanaan dari luar negeri. Oleh karenanya
merupakan tantangan bagi program studi secara lembaga untuk
mendorong/memotivasi dosen untuk mendapatkan dana penelitian baik dari luar
institusi, untuk itu diperlukan program peningkatan kemampuan dosen dalam
pembuatan proposal penelitian.
Dalam bidang pelayanan/pengabdian
kepada masyarakat
sudah berjalan dengan cukup baik tetapi masih terbatas. PS Akademi
Bahasa Asing Tarakan setiap tahun menganggarkan hanya
sedikit dana
untuk pengabdian kepada masyarakat yang masih bersifat insidental. Karena keterbatasan dana dari
jurusan, maka untuk keberlanjutannya dan
supaya lebih efektif, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat lebih diarahkan pada
tempat-tempat (masyarakat) yang menjadi binaan Kampus secara melembaga. Keterlibatan
mahasiswa dalam bidang pelayanan/pengabdian
kepada masyarakat bertujuan supaya
mahasiswa memahami persoalan-persoalan real yang ada di masyarakat dan mempersiapkan
mahasiswa untuk
dapat beradaptasi pada lingkungannya.
Mahasiswa PS Akademi Bahasa Asing Tarakan berasal dari berbagai
daerah di Indonesia, Timor Leste, dan dari latar belakang pendidikan dan
sosio-ekonomi yang beragam. Sebagian besar berasal dari masyarakat
berpenghasilan menengah ke bawah sehingga berpotensi akan banyaknya mahasiswa
yang berhenti kuliah. Ini merupakan tantangan bagi jurusan untuk mendapatkan
beasiswa. Terkait dengan masukan (mahasiswa baru), dari tahun ketahun jumlahnya
masih belum memenuhi kapasitas yang ada, merupakan ancaman yang serius tentang
keberlanjutan terhadap masukan mahasiswa program studi. Ini merupakan tantangan
bagi PS Akademi Bahasa Asing Tarakan untuk lebih berbenah di dalam sosialisasi
ke daerah-daerah baik di Tarakan maupun luar Tarakan tentang keberadaan PS Akademi
Bahasa Asing Tarakan ABAPERTA dan prospek kerjanya di dalam pasar kerja.
Sedangkan untuk beberapa
aspek kemampuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan soft-skill memperlihatkan masih berada di bawah yang dibutuhkan
oleh pasar kerja, terdapat kesenjangan yang signifikan antara yang dimiliki dan
dibutuhkan pengguna, Dilihat dari posisi pekerjaan
pertamanya, sebagian besar sebagai karyawan biasa (tidak pada tingkatan
pimpinan) dan gaji pertamanya sebagian besar di bawah 2 juta, mengindikasikan
bahwa daya tawar lulusan di pasar kerja masih rendah. Ini merupakan tantangan
bagi PS Akademi Bahasa Asing Tarakan untuk berbenah melakukan evaluasi
kurikulum dan kompetensi lulusan secara berkala, dan melakukan proses
pembelajaran melalui pembelajaran hard
skill dan soft-skill secara
terintegrasi. Kurikulum dan materi perkuliahan disesuaikan dengan kompetensi
dari kebutuhan masyarakat, perkembangan sain dan teknologi. Metode dan strategi
pembelajaran dipilih sesuai dengan pencapaian tujuan untuk menghasilkan lulusan
yang berkualitas dan berkompetensi di bidangnya. Monitoring dan evaluasi
tersebut dapat dilakukan dengan mengoptimalkan kegiatan Tim Pelaksana
Penjaminan Mutu di jurusan dan secara berkala melakukan Audit Mutu Akademik
Internal (AMAI) atas koordinasi Badan
Penjaminan Mutu (BPM).
Ketersediaan sarana
dan prasarana untuk penyelenggaran kegiatan proses pembelajaran di PS Akademi
Bahasa Asing Tarakan cukup memadai, apalagi setelah PS Akademi Bahasa Asing
Tarakan mendapatkan dana hibah. Penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di PS
Akademi Bahasa Asing Tarakan tersebar di beberapa ruangan di lingkungan kampus
ABATA. Laboratorium Bahasa telah dilengkapi server
dengan sambungan internet yang dapat diakses oleh mahasiswa secara cuma-cuma
selama jam kerja di ruangan tersebut dan 24 jam melalui koneksi wifi dari luar
gedung. Untuk kegiatan perkuliahan, PS Akademi Bahasa Asing Tarakan menggunakan
ruang di Gedung ABATA. Semua ruang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana
untuk kegiatan belajar mengajar yang memadai, sepert whiteboard, OHP/projektor
LCD.
Suasana akademik
di PS Akademi Bahasa Asing Tarakan berjalan cukup kondusif, baik untuk hal-hal
yang bersifat formal akademik maupun non formal antar individu sivitasnya.
Interaksi formal antara dosen dengan mahasiswa terjadi dengan keterlibatan
mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, maupun
keterlibatan dosen, dan mahasiswa pada kegiatan pengembangan PS Akademi Bahasa
Asing Tarakan seperti kegiatan peninjauan kurikulum, workshop, kuliah tamu. Interaksi
civitas juga dapat terjadi melalui aktivitas Kelompok Bidang Minat.
Berdasarkan analisis SWOT PS Akademi Bahasa Asing
Tarakan teridentifikasi berada pada Kuadran I.
Oleh karenanya, alternatif strategi pengembangan PS Akademi Bahasa Asing
Tarakan adalah strategi eksplorasi kekuatan dengan menggunakan peluang yang ada
untuk memperbaiki kelemahan dan menghadapi ancaman. Secara garis besar strategi
pengembangan lembaga PS Akademi Bahasa Asing Tarakan diarahkan pada pengembangan/penelitian, pendidikan, suasana akademik, dan efektivitas manajemen internal
agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional sesuai dengan
kebutuhan pasar dan perkembangan sain dan teknologi. Strategi pengembangan diimplementasikan dalam bentuk program pengembangan
PS Akademi Bahasa Asing Tarakan :
1. Program Pengembangan Pembelajaran
2.
Program
Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
3.
Program pengembangan
bidang soft-skill lulusan
4.
Program Pengembangan
Kelembagaan Program Studi
0 komentar:
Posting Komentar