Minggu, 17 Mei 2015

RANGKUMAN EKSEKUTIF ABATA



RANGKUMAN EKSEKUTIF ABATA

Jurusan/Program Studi Akademi Bahasa Asing Permata Hati merupakan institusi pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran terhadap mahasiswa D-III Bahasa Inggris.  Dengan surat keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan SK No. 103/D/O/2009 tentang pendirian ABATA Jurusan//PS Akademi Bahasa Asing Tarakan berada di bawah Yayasan Permata Hati Kota Tarakan. Jurusan/PS Akademi Bahasa Asing Tarakan mempunyai visi yaitu “ABA Permata Hati menjadi lembaga pendidikan tinggi bahasa asing yang mengembangkan linguistic intelegensi mahasiswa yang berdasarkan IMTAQ dan budaya bangsa untuki membentuk human resource yang dapat bersaing secara global, maka institusi pendidikan dan berspesifikasi pada pengembangan Akademi Bahasa Asing Tarakan kemampuan akademik jaringan akses informasi dan paradigm berpikir mahasiswa melalui 3 keterampilan utama yaitu, Bahasa Inggris, Bahasa Mandarin, dan Kewirausahaan.” 
Untuk merealisasikan visinya, PS Akademi Bahasa Asing Tarakan mempunyai misi yang pada intinya melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dengan sistem manajemen, tatakelola pendidikan yang kredibel, transparan, akuntabel dan bertanggung jawab, serta melakukan usaha-usaha untuk keberlanjutan jurusan (program studi), melalui kerjasama dalam bidang pendidikan,  Bahasa Inggris, dan kerjasama kemitraan  di tingkat lokal, nasional dan internasioanal. Tujuan PS Akademi Bahasa Asing Tarakan adalah perwujudan dari profil kompetensi yang diharapkan dari lulusan program studi Akademi Bahasa Asing Tarakan sesuai dengan arah misi dan tuntutan pasar kerja. Sedangkan sasarannya merupakan target yang terukur dengan indikator indikator tingkat keberhasilan yang ditetapkan program studi. Pelaksanaannya dilakukan melalui strategi dan arah kebijakan yang tepat yang secara operasional dilaksanakan secara bertahap, yang mana merupakan langkah-lankah nyata dari misi dalam usaha untuk pencapaian visi.

    Jurusan /PS Akademi Bahasa Asing Tarakan dipimpin oleh Ketua Jurusan dan dibantu oleh seorang Sekretaris yang dipilih secara demokratis pada rapat formal jurusan. Pola kepemimpinan yang dikembangkan adalah kepemimpinan yang bersifat pendelegasian dengan style manajemen partisipatif. Dalam menyelenggarakan aktivitas program studi, Ketua Jurusan/PS Akademi Bahasa Asing Tarakan dibantu oleh Tata Usaha (TU), Pembina Kemahasiswaan. Untuk dapat berjalannya kegiatan secara efektif tata pamong PS Akademi Bahasa Asing Tarakan telah dilengkapi pedoman  (SOP) tentang tugas, fungsi dan tanggung jawab setiap unsur/unit di atas.

   Keterlibatan program studi dalam perencanaan anggaran dan pengelolaan dana di Akademi Bahasa Asing Permata Hati Tarakan berjalan cukup baik, ditunjukkan oleh adanya pembagian yang jelas antara universitas, fakultas dan jurusan. Penggunaannya diimplmentasikan dalam renja jurusan/program studi secara otonom. Dalam pembuatan renja program studi diberi kewenangan penuh dalam pemanfaatannya dan penentuan jenis belanja sesuai dengan kebutuhan. Perencanaan pengembangan PS Akademi Bahasa Asing Tarakan disesuaikan dengan Renstra ABAPERTA yang diwujukan dalam bentuk rencana kerja (Renja) jurusan yang dibuat secara bersama-sama melelui rapat jurusan. Hasil pelaksanaannya dilaporkan dan dievaluasi serta tindak lanjutnya dibicarakan dalam rapat formal jurusan.

Dalam upaya merealisasikan visi dan misinya, PS Akademi Bahasa Asing Tarakan berupaya untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan proses pembelajaran dengan melibatkan seluruh sivitas akademika untuk meningkatkan relevansi, atmosfer akademik, internal manajemen, sustainabilitas, efisiensi dan produktivitas program studi. Peningkatan relevansi dan kompetensi dilakukan dengan mengembangkan kurikulum yang menekankan pada kompetensi profesional (kemampuan), individual, dan sosial yang diintegrasikan secara kontekstual. Kurikulum berbasis kompetensi diimplementasikan melalui proses pembelajaran dengan peningkatan kemampuan mahasiswa baik yang bersifat hard skill maupun soft skill. Untuk menjamin pencapaian kompetensi lulusan pelaksanaan pembelajaran dan hasilnya secara berkala dimonitor dan dievaluasi melalui kegiatan Tim Pelaksana Penjaminan Mutu jurusan.  

Pelaksanaan kegiatan akademik di PS Akademi Bahasa Asing Tarakan  didukung oleh 34 staf dosen dengan kualifikasi memadai, yaitu dengan tingkat pendidikan dosen S2 (88,24 %)  S3 (8,82 %), dan 25 orang (73,53 %) diantaranya terlah tersertifikasi sebagai pendidik. Dalam waktu tiga tahun ke depan, jumlah dosen yang berpendidikan S3 diharapkan sudah mencapai 21%. Tenaga kependidikan yang langsung berada di jurusan sebanyak 7 orang. Dosen PS Akademi Bahasa Asing Tarakan berlatar belakang sain yang bervariasi  sesuai dengan bidang keahliannya.

Pengelolaan dosen dan tenaga kependidikan dilaksanakan berdasarkan pada SOP dari Biro  Administrasi Umum dan Keuangan (BAUK) ABAPERTA dan peraturan yang berlaku. Untuk efektifitas pelaksanaan tugas maka membagian tugas dilakukan sesuai dengan bidang keahlian dan kompetensinya. Pengembangan dosen diarahkan pada peningkatan kualitas akademis dan kemampuan pelaksanaan proses pembelajaran kurikulum berbasis kompetensi. Pengembangan tenaga kependidikan diarahkan pada peningkatan kualitas ketrampilan, pelayanan dan manajemen. Pengembangan tersebut dilakukan melalui studi lanjut yang sesuai dengan bidang program studi, pelatihan, seminar, kegiatan yang relevan.

   Pelaksanaan kegiatan penelitian dosen harus diakui bahwa penelitian dari dana-dana hibah dari luar institusi jumlahnya masih belum optimal, bahkan tidak ada pendanaan dari luar negeri. Oleh karenanya merupakan tantangan bagi program studi secara lembaga untuk mendorong/memotivasi dosen untuk mendapatkan dana penelitian baik dari luar institusi, untuk itu diperlukan program peningkatan kemampuan dosen dalam pembuatan proposal penelitian.

Dalam bidang pelayanan/pengabdian kepada masyarakat sudah berjalan dengan cukup baik tetapi masih terbatas.  PS Akademi Bahasa Asing Tarakan setiap tahun menganggarkan hanya sedikit dana untuk pengabdian kepada masyarakat yang masih bersifat insidental. Karena keterbatasan dana dari jurusan, maka untuk keberlanjutannya  dan supaya lebih efektif, pelayanan/pengabdian kepada masyarakat lebih diarahkan pada tempat-tempat (masyarakat) yang menjadi binaan Kampus secara melembaga. Keterlibatan mahasiswa dalam bidang pelayanan/pengabdian kepada masyarakat bertujuan supaya mahasiswa memahami persoalan-persoalan real yang ada di masyarakat dan mempersiapkan mahasiswa untuk dapat beradaptasi pada lingkungannya.


Mahasiswa PS Akademi Bahasa Asing Tarakan berasal dari berbagai daerah di Indonesia, Timor Leste, dan dari latar belakang pendidikan dan sosio-ekonomi yang beragam. Sebagian besar berasal dari masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah sehingga berpotensi akan banyaknya mahasiswa yang berhenti kuliah. Ini merupakan tantangan bagi jurusan untuk mendapatkan beasiswa. Terkait dengan masukan (mahasiswa baru), dari tahun ketahun jumlahnya masih belum memenuhi kapasitas yang ada, merupakan ancaman yang serius tentang keberlanjutan terhadap masukan mahasiswa program studi. Ini merupakan tantangan bagi PS Akademi Bahasa Asing Tarakan untuk lebih berbenah di dalam sosialisasi ke daerah-daerah baik di Tarakan maupun luar Tarakan tentang keberadaan PS Akademi Bahasa Asing Tarakan ABAPERTA dan prospek kerjanya di dalam pasar kerja.

   Sedangkan untuk beberapa aspek kemampuan dan ketrampilan yang berkaitan dengan soft-skill memperlihatkan masih berada di bawah yang dibutuhkan oleh pasar kerja, terdapat kesenjangan yang signifikan antara yang dimiliki dan dibutuhkan pengguna, Dilihat dari posisi pekerjaan pertamanya, sebagian besar sebagai karyawan biasa (tidak pada tingkatan pimpinan) dan gaji pertamanya sebagian besar di bawah 2 juta, mengindikasikan bahwa daya tawar lulusan di pasar kerja masih rendah. Ini merupakan tantangan bagi PS Akademi Bahasa Asing Tarakan untuk berbenah melakukan evaluasi kurikulum dan kompetensi lulusan secara berkala, dan melakukan proses pembelajaran melalui pembelajaran hard skill dan soft-skill secara terintegrasi. Kurikulum dan materi perkuliahan disesuaikan dengan kompetensi dari kebutuhan masyarakat, perkembangan sain dan teknologi. Metode dan strategi pembelajaran dipilih sesuai dengan pencapaian tujuan untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas dan berkompetensi di bidangnya. Monitoring dan evaluasi tersebut dapat dilakukan dengan mengoptimalkan kegiatan Tim Pelaksana Penjaminan Mutu di jurusan dan secara berkala melakukan Audit Mutu Akademik Internal  (AMAI) atas koordinasi Badan Penjaminan Mutu (BPM). 

   Ketersediaan sarana dan prasarana untuk penyelenggaran kegiatan proses pembelajaran di PS Akademi Bahasa Asing Tarakan cukup memadai, apalagi setelah PS Akademi Bahasa Asing Tarakan mendapatkan dana hibah. Penyelenggaraan kegiatan belajar mengajar di PS Akademi Bahasa Asing Tarakan tersebar di beberapa ruangan di lingkungan kampus ABATA. Laboratorium Bahasa telah dilengkapi server dengan sambungan internet yang dapat diakses oleh mahasiswa secara cuma-cuma selama jam kerja di ruangan tersebut dan 24 jam melalui koneksi wifi dari luar gedung. Untuk kegiatan perkuliahan, PS Akademi Bahasa Asing Tarakan menggunakan ruang di Gedung ABATA. Semua ruang telah dilengkapi dengan sarana dan prasarana untuk kegiatan belajar mengajar yang memadai, sepert whiteboard, OHP/projektor LCD. 

   Suasana akademik di PS Akademi Bahasa Asing Tarakan berjalan cukup kondusif, baik untuk hal-hal yang bersifat formal akademik maupun non formal antar individu sivitasnya. Interaksi formal antara dosen dengan mahasiswa terjadi dengan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, maupun keterlibatan dosen, dan mahasiswa pada kegiatan pengembangan PS Akademi Bahasa Asing Tarakan seperti kegiatan peninjauan kurikulum, workshop, kuliah tamu. Interaksi civitas juga dapat terjadi melalui aktivitas Kelompok Bidang Minat.

   Berdasarkan analisis SWOT PS Akademi Bahasa Asing Tarakan teridentifikasi berada pada Kuadran I.  Oleh karenanya, alternatif strategi pengembangan PS Akademi Bahasa Asing Tarakan adalah strategi eksplorasi kekuatan dengan menggunakan peluang yang ada untuk memperbaiki kelemahan dan menghadapi ancaman. Secara garis besar strategi pengembangan lembaga PS Akademi Bahasa Asing Tarakan diarahkan pada pengembangan/penelitian,  pendidikan, suasana akademik, dan efektivitas manajemen internal agar menghasilkan lulusan yang berkualitas dan profesional sesuai dengan kebutuhan pasar dan perkembangan sain dan teknologi. Strategi pengembangan diimplementasikan dalam bentuk program pengembangan PS Akademi Bahasa Asing Tarakan :

1.   Program Pengembangan Pembelajaran
2.   Program Pengembangan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
3.   Program pengembangan bidang soft-skill lulusan
4.   Program Pengembangan Kelembagaan Program Studi

0 komentar:

Posting Komentar